Optimalkan Harddisk

Harddisk adalah salah satu hardware penting dalam komputer. Tanpa adanya harddisk, kita gak akan bisa berbuat banyak,ato malah berbuat apa2. Karena semua data yang diproses dan dijalankan dalam komputer tersimpan di dalam harddisk. Karena itu sayang banget kl kamu gak merawat harddiskmu dengan baik. Setidaknya kamu bisa menghemat kapasitas harddiskmu. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghemat ruang harddisk adalah :
  • Melakukan kompresi terhadap file-file yang besar. Dengan mengompresi, ukuran file akan dipadatkan sehingga menjadi lebih kecil.
  • Menginstall software2 cleaner, yang fungsinya untuk menghapus file secara permanen, karena terkadang file yang kita hapus dari komputer masih berada pada Recycle Bin dan hal itu sebenarnya masih memakan ruang harddisk. Atau jika ingin menghapus sebuah file secara permanen gunakan tombol Shift + Del
  • Komputer kita terkadang membuat file-file baru, misalnya file yang dibuat untuk mengcover ketika komputer hang, crash, atau sekedar memback up saat pengguna membuka sebuah data misalnya. File itu biasanya berekstensi *.tmp. File-file seperti itu lebih baik dihapus, karena memakan ruang harddisk yang cukup banyak.
  • Melakukan defragment secara teratur paling tidak sebulan atau dua bulan sekali menjadi langkah yang dapat dilakukan agar file-file dalam komputer tertata dengan rapi.
    Ini memang tidak akan menambah ruang kosong hard disk, namun selain lebih efisien cara ini akan mempercepat akses data.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar