Tips jadi MC (Master of Ceremony)

Kemaren adalah pengalaman yang cukup menarik dalam hidup saia. Why's that? Karena untuk pertama kalinya saia jadi MC dalam sebuah seminar tentang Opera di kampus saia UGM yang diberi nama Opera Mini Party. Acaranya seru juga, apalagi buat kami para anggota Opera Campus Crew yang baru beberapa minggu terbentuk. Salut dah ama para anggotanya yang keren abis. Anyways, ternyata jadi MC ga buruk2 amat,,yaeyala soalnya masi jadi tuan rumah, coba aja melanglang buana kemanaaaaa gt, pasti mati kebauan kl gak tenggelam (karena keringat yang bercucuran saking groginya). Nah, disini saia akan memberikan beberapa tips yang menarik dan bermutu buat kamu2 yang baru mau jadi MC atau blm terlalu menguasai profesi ini. Beginilah kira2 tips itu :

1. Kenali peranmu
Peran seorang MC adalah untuk mempertahankan sebuah acara agar berjalan lancar, mempertahankan energi para peserta/penonton agar semangat, membantu para peserta agar merasa disambut dgn baik dan membuat para pembicara/pengisi acara merasa dihargai, dan masi banyak lagi. Jadi gak cuma hanya memberikan informasi dan gak cuma sebagai timekeeper aja.

2. Kenali kelompok-kelompok peserta
Maksudnya adalah menyambut para penonton/peserta yang tidak berasal dari daerah tempat acara berlangsung. MC harus memastikan bahwa semua penonton adalah sama, tidak memberikan perlakuan khusus pada mereka yang merupakan "tuan rumah". Caranya mungkin bisa dengan mengatakan, "ada gak yang berasal dari luar kota?" kemudian jika ada, katakan " Selamat datang buat yang dari ......., sungguh kehormatan bagi kami bisa kedatangan tamu dari tempat sejauh itu". Ya,kira2 gitulah. Ngerti kan maksudnya?? Improvisasi itu penting, tapi jg harus dikendalikan.

3. Ringkaslah apa yang dikatakan oleh pembicara
Poin ini penting bgt buat diperhatikan. Jadi setiap seorang pembicara selesai bicara, MC harus bisa mengambil intisari dari apa yang dibicarakan oleh pembicara tersebut, atau setidaknya bagian penting dari isinya, untuk disampaikan kepada penonton. Jangan langsung lanjut ke agenda berikutnya.

4. Pertahankan waktu yang ditentukan
Dalam sebuah acara, tidak dipungkiri bakal ada alokasi waktu yang kurang sesuai dengan rundown acara, entah itu molor atau kecepatan. Untuk itulah MC harus bisa mengatur agar waktu tetap berjalan sesuai dengan rundown. Misalnya ada seorang pembicara yang melebihi kuota waktu yang diberikan padanya, maka MC gak boleh takut buat ngingetin orang tersebut. Jadi kalo tinggal 5 menit lagi, bilangin aja ke orangnya, jangan takut karena merasa gak sopan untuk memotong pembicaraan seseorang, tapi itu emank udah tugas MC, kitalah yang mengendalikan susunan acara.

5. Buat penonton bersemangat
Kadangkala pada suatu acara pasti ada penonton yang merasa bosen atau ngantuk karena isinya kurang menarik atau apa. Disitulah MC bertugas untuk membangkitkan lagi semangat para penonton biar gak bosen. Caranya adalah melemparkan joke2, atau menceritakan sebuah cerita lucu atau mungkin libatkan mereka dalam sebuah aktivitas, entah itu berdiri sejenak atau apa, yang jelas jangan terlalu monoton. Libatkan penonton dalam acara tersebut

Sebenarnya masi ada lagi tips2 yang lain, tapi takutnya kalo kebanyakan nanti pada males baca, jadinya saia singkat aja yaa..hehe..

6. Lakukan Eye Contact : Pandangi penonton ke seluruh bagian ruangan

7. Lakukan gerakan tubuh/tangan/isyarat/sikap yang alami, spontan (tidak dibuat-buat), tidak sepotong-sepotong, tidak ragu, serasi dengan kalimat yang diucapkan, gunakan penekanan pada point penting, tapi jangan berlebihan. But The Most important Gesture is : TO SMILE

8. Jangan bicara terlalu cepat, ucapkan setiap kata dengan intonasi yang jelas

9. Usahakan untuk rileks, kalo gugup tarik nafas yang panjang dan dalam kemudian bergeraklah untuk melemaskan otot. Ingat semakin kamu gugup, semakin sulit untuk enjoy dalam melakukan tugasmu. Karena kalo udah enjoy, pasti kamu gak akan bingung mau ngomong apa.

10. Jangan lakukan gerakan yang tidak bermakna atau tidak mendukung pembicaraan, misalnya memegang kerah baju, mengelus atau menyibak rambut, memainkan microphone, garuk-garuk kepala, ngupil (parah bgt ni kl dilakukan di tengah2 acara), dll

11. Baca literature yang diperlukan untuk menunjang pengetahuan kamu, karena semakin banyak yang anda ketahui tentang acara yang anda bawakan, pasti semakin PERCAYA DIRI

12. Ucapkan setiap kalimat dengan senyum sehingga suara yang dihasilkan adalah Smilling Voice

13. Jangan sekali-kali anda membuat joke tapi anda sendiri tertawa terpingkal-pingkal

14. Buat catatan kecil untuk membantu mengingat apa yang akan dikatakan, entah itu joke, cerita atau memberikan informasi

15. Pakailah pakaian yang sesuai dengan acara
16. Sediakan air minum agar mulut dan tenggorokan tetap segar

Huff..dah banyak kan?gimana, kira2 dah siap blm kl disuruh jadi MC? kl saia sie jelas...GAK SIAP!! huahahahaha... emank kl menulis tu gampang ya, coba aja kl di lapangan langsung, pasti semua teori bakal buyarrrrr..tp semoga itu ga terjadi buat kamu2 yang baca ini..
Selamat mencoba jadi MC!!

11 komentar:

  1. wah.. lucu ya pake baju batik..
    lah,, kok gk siap aadym? bukannya katanya lancar?? wehehe

    BalasHapus
  2. aku juga pengen bgt jadi mc.. yup dah sempat beberapa kali sich jd mc tp aku pengen lebih optimal and profesional ....

    ayhez@hotmail.com

    BalasHapus
  3. aq pngin cba neeee'trims yeeee

    BalasHapus
  4. bEsuk Q mow coba tUch...
    mEski ga9 yakin....
    Uuugh...
    gRogi yG pZti adda..
    hehe

    BalasHapus
  5. Wah.. Bagus banget tuh tipsnya. Berguna banget!! Kebetulan ni juga utk pertama kalinya gue jd MC.. Takut grogi!! Hahaha.. Thx banget...

    BalasHapus
  6. Informasi yang menarik...
    selamat berkarya..

    BalasHapus