Selebriti Dunia Web

Dunia web (baca:internet) telah merambah menjadi suatu layanan dan kebutuhan yang sangat penting saat ini. Padahal dulunya, layanan internet juga memiliki berbagai macam kendala dalam pengembangannya. Namun tidak dipungkiri bahwa pada akhirnya pengguna internet akan semakin bertambah jumlahnya dari masa ke masa, dan internet bisa dikatakan sebagai sebuah "kebutuhan" daripada sekedar layanan biasa. Siapa sajakah yang telah membuat Dunia web menjadi begitu prestisius di mata para penggunanya? Inilah beberapa orang yang sangat berjasa dalam menghidupkan Dunia web.

1. Larry Page, Eric Schmidt dan Sergey Brin, Eksekutif Google

Jika harga saham Anda mencapai USD 500 per lembarnya, Anda berarti berhasil mengumpulkan uang sebanyak USD 33 miliar. Anda dapat menjalankan mesin pencari yang paling ramai trafiknya di Internet. Proyek kecil-kecilan Sergey Brin dan Larry Page asal Stanford berkembang menjadi gardu Web yang paling banyak dibicarakan. Schmidt meninggalkan Novell untuk bergabung dalam jajaran direktur Google pada tahun 2001 dan segera menjadi CEO perusahaan itu. Dengan mendominasi dunia periklanan online, Google sepertinya siap melakukan perjalanan akuisisi dan membeli YouTube menandakan langkah besar terhadap dominasi menyeluruh dalam bisnis Web.

2. Steve Jobs, CEO Apple

Tidak ragu lagi Anda pasti bosan dengan penghargaan media seputar aksi CEO Apple ini. Tetapi ketika seseorang mengaplikasikan gema musik gratis DRM ke seluruh dunia, sulit mengacuhkan kekuatan pengaruh pria tersebut. Jobs mempopulerkan download musik, acara TV, dan film secara legal. Melalui iPhone, MacWorld Expo mengatakan bahwa produk inilah yang akan mempopulerkan Internet browsing menggunakan perangkat mobile.







3. Bram Cohen, Cofounder BitTorrent

Sistem P2P seperti KaZaA dan eDonkey adalah produk tahun lalu. Masa depan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan BitTorrent, penggagas ahli matematika dan anak ajaib dalam dunia pemrograman Bram Cohen. BitTorrent dikembangkan pada 2001 dan mendapatkan popularitas sebagai cara pen-download-an file besar (seperti film) dengan pembagian beban melalui hardware dan bandwidth. Kecakapan teknologi ini menangani file besar membawa Cohen berselisih dengan Motion Picture Association of America, yang meminta BitTorrent memindahkan konten berhak cipta dari jaringannya. Tetapi penarikan itu tidak menghambat kerjanya. Dilaporkan lebih dari sepertiga trafik Web saat ini berasal dari klien BitTorrent. BitTorrent dan kalangan raksasa dunia hiburan sejak lama telah menggabungkan kekuatan mereka. BitTorrent Entertainment Network yang baru saja dilansir mengeluarkan ribuan film standar industri, acara televisi, game, dan lagu-lagu untuk dijual dan disewa.

4. Mike Morhaime, Presiden Blizzard Entertainment

Dalam dunia online gaming, terdapat World of Warcraft, dll. Dengan jumlah pemain sebanyak 8 juta di seluruh dunia, Blizzard meraup keuntungan sebesar USD 1,5 miliar setahun dari WoW. Setiap pemain dengan terengah-engah terus memperhatikan Mike Morhaime bila ada kesempatan untuk mendapatkan Blade of Eternal Justice. Seperti dengan Second Life, keseluruhan bisnis dunia nyata berdasarkan teknologi game. Tidak seperti Second Life, walaupun bisnis ini mengeksploitasi ekonomi dan permainan game WoW, keseluruhannya tidak memberikan sambutan yang baik.

5. Jimmy Wales, Founder Wikipedia

Banyak pengunjung online menganggap ensiklopedi Internet Wikipedia sebagai penghentian pertama dan terakhir dalam pencarian sebuah topik. Konten yang dihasilkan penggunanya menjadi sangat dapat diandalkan sehingga majalah Nature mendeklarasikannya sebagai “sumber yang hampir seakurat [Encyclopedia].” Situs tersebut dikutip sebagai sumber informasi dalam lebih dari 100 keputusan pengadilan di AS sejak 2004. Tetapi popularitasnya juga menjadikan Wikipedia sebagai target oleh para spammer, kasusnya sangat banyak sehingga Wikipedia untuk sementara waktu memblokir akses dari seluruh negara Qatar untuk aksi pengeditan. Untuk menggagalkan usaha spammer, Wales putuskan penghapusan tag “nofollow” pada link eksternal, memberitahukan mesin pencari untuk mengacuhkan link dalam mencegah peningkatan buatan terhadap peringkat mesin pencari target link ini. Strategi ini menjamin keunggulan Wikipedia bahwa pencarian akan terus meningkat. Tetapi Wikipedia hanyalah langkah awal Wales. Ia juga meluncurkan mesin pencari pribadi bernama WikiSeek yang melakukan pencarian terhadap situs-situs yang disebutkan dalam Wikipedia.


6. Jonathan Abrams, pendiri Friendster dan CEO serta pendiri Socializr

Siapa yang gak kenal Friendster? Situs social network yang begitu fenomenal pada saat dibuat, dan hingga kini diperkirakan anggotanya mencapai tak kurang dari 65 juta orang. Dibangun oleh Jonathan Abrams pada tahun 2002, Friendster telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Indonesia termasuk salah satu negara dengan anggota Friendster yang paling besar di dunia. Pada masanya dulu, Friendster dianggap sebuah situs fenomenal yang sangat menjanjikan, karena merupakan Pionir dari situs social networking. Pada tahun 2003, Majalah Time menganugerahi Friendster dengan gelar "Coolest Inventions of 2003", dan pada tahun itu pula Abrams dinobatkan sebagai "Breakout Star of 2003" oleh Entertainment Weekly. Setahun kemudian, Advertising Age Magazine menobatkannya sebagai "Entertainment Marketers of the Year 2004". Saat ini Jonathan Abrams termasuk ke dalam 100 orang terkaya di dunia yang bergelut di dunia Web.

7. Craig Newmark, Founder Craigslist

Dalam situsnya tidak terdapat iklan, mengenakan biaya sangat rendah terhadap sebagian kecil pengunjungnya, memiliki domain “.org,” dan memiliki 23 pekerja. Saat ini meskipun memiliki tampilan sederhana, Craigslist mengakumulasikan 14,1 juta tampilan halaman Desember lalu dan menjadi situs ke-52 yang paling banyak dilihat Desember lalu berdasarkan comScore Media Metrix. Craigslist milik Newmark menjadi candu bagi banyak pihak yang secara spontan menyegarkan kembali daftar barang-barang gratis, “bersambutan hangat,” dan iklan pribadi selagi lari dari pekerjaan sehari-hari. Hal yang paling penting, situs itu dengan kekuatannya sendiri hampir menghancurkan bisnis iklan yang dikategorikan sebagai offline. Di area pantai San Francisco saja, satu penelitian menemukan, situs tersebut menguras USD 65 juta per tahun dengan porsi iklan pendukung kelangsungan hidup surat kabar lokal.

8. Peter Levinsohn, Presiden Fox Interactive Media

Fox Interactive Media, bagian dari News Corporation milik Rupert Murdoch, adalah salah satu unit Web terkuat dan mengendalikan 13 situs dengan jangkauan mulai dari MySpace.com hingga yang paling kontroversial FoxNews.com., pelengkap bagi siaran film tradisional dan properti televisi News Corp. Divisi yang berfokus pada Internet meliputi top 10 properti yang dikunjungi di dunia pada Desember 2006, berdasarkan comScore World Metrix. Menurut TechCrunch, kemungkinan akan terdapat tambahan lainnya, ketika Fox Interactive memiliki USD 2 miliar uang pengakuisisian untuk digulirkan.




9. Matt Mullenweg, pendiri Wordpress

Dia adalah founder dari software blogging open source, Wordpress. Setelah berhenti dari jabatannya di CNET, Matt Mullenweg menghabiskan sebagian besar waktunya sebagai pembicara pada berbagai konferensi dan mengembangkan proyek-proyek open source, yang diantaranya adalah Wordpress. Pada tahun 2005, dia menemukan Automattic, yaitu sebuah perusahaan pengembangan web, yang merupakan perusahaan yang mengembangkan beberapa proyek ternama seperti Wordpress, Akismet dan Gravatar.



10. Chad Hurley dan Steve Chen, Founder YouTube

Walaupun Google mengakusisi perusahaannya, founder YouTube, Chad Hurley (CEO) dan Steve Chen (CTO) sepertinya mengkampanyekan semua hal agar bisa terealisasi. Tokoh video Internet ini memperkenalkan rencana pembayaran user atas video, dan perusahaan ini juga menandatangani beberapa kemitraan konten media besar (dengan MTV, NBC, Warner Music, dll). Rekan co-founder, Jawed Karim malah meninggalkan perusahaan itu dan mengejar gelar master dalam bidang sains komputer di Stanford University.

4 komentar:

  1. wkakak,,,,seandainya aku salah satu dr mereka gimana dim ??? kmu minta tanda tanganku gak??

    BalasHapus
  2. @hanna
    ga han,langsung aq kawinin kamu..wkwkwkwkwkw...

    BalasHapus
  3. WordCamp Indonesia 2010 sebentar lagi akan berlangsung pada hari Sabtu, 30 Januari bertempat di Auditorium Universitas Gunadarma. Jangan lewatkan ^_^

    BalasHapus