Cara Belajar Yang Optimal

Kl ngeliat judul diatas mungkin semuanya berpikiran sama, baca aja tu buku/bahan yang mau dipelajari sampe nyangkut di kepala,begitu bukaaan??? (BUKAAAANNN!!!)..
Kl ada yang berpikiran gitu, menurut saia metode itu kurang tepat, bukan aja bikin kepala jenuh tapi dari segi efektifitas pun saia rasa gak terlalu baik.

Hal ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh........saia, terhadap.......saia juga, bahwasanya metode belajar secara terus menerus mengakibatkan sakit kepala, pusing, mual2, pilek, batuk2, (karena saat itu saia memang sedang sakit demam) dan terutama NGANTUUKK!!
mungkin bagi sebagian makhluk, metode belajar terus menerus itu bukan masalah, disebabkan oleh kapasitas otak mereka yang (mungkin) lebih besar dari saia dan daya menangkap mereka yang (pastinya) lebih cepat dari saia.

Emank penelitian ini kurang subjektif dilihat dari segi objek yang diteliti, apalagi yang meneliti,,,cuman saia berpendapat bahwasanya metode belajar yang baik adalah seperti yang berikut ini :

1. Jangan belajar sambil makan, apalagi sambil naek sepeda ato motor.

2. Belajarlah di tempat yang terang atau setidaknya cukup pencahayaan, bagi yang rabun dipakai kacamatanya.

3. Kl belajar tu mendingan sebentar2 tapi sering, contohnya belajar 5 menit,trus tidur 5 menit, belajar lagi 5 menit, makan 5 menit, belajar 5 menit, solat 5 menit,, daripada belajar 10 jam, tidur 5 menit, belajar lagi 5 jam, makan 5 menit,,gitu de kira2..
Seperti kata pepatah, kebiasaan dapat membentuk pribadi kita..(ada gak ya pepatah gitu?)

4. Pasanglah target kamu di suatu tempat yang mudah terlihat/terbaca, sehingga bisa memompa semangat belajar. Misalnya buat tulisan "AKU HARUS JADIAN AMA CEWEK ITU" disertakan dengan foto gebetan kamu yang paling cantik, sehingga nanti kamu kl kamu belajar yang rajin kan bisa pamer ilmu sama dia,,

5. Sekali2 dibarengi dengan hiburan gpp kok, misalnya nonton tipi atau FILEM..asal nanti dilanjut lagi belajarnya.

6. Biasakan menuliskan intisari/kesimpulan dalam catatan kamu, terkadang dari hal yang mendasar gitu kamu bisa mengembangkannya lagi, jadi ga perlu ngapalin semua isi bahan kamu

7. Kl bisa belajar disaat mentari belum menunjukkan tajinya (ceile bahasanya), maksudnya pas jam2 subuh gitu, dijamin otak kamu lagi fresh2nya. Jangan tidur lagi kl udah kebangun, kl bisa malemnya juga jangan terlalu ekstrim begadang, tidur jam 1 bangun jam 4..Kira2 kita butuh tidur antara 6-8 jam setiap harinya agar energi kita terkumpul lagi.

Sekian dulu tips2 belajar yang kurang optimal dari saia..semoga bisa membantu saudara2 sekalian meraih keberhasilan.
Kalo ada yang mw menambahkan silahkan dikomen ya..

1 komentar:

  1. everything's gonna be alright..
    mendingan belajar nyicil
    sebosan apa pun itu lebih baik daripada SKS

    BalasHapus