G-Speak,Teknologi pengganti Mouse


Udah nonton sekuel James Bond yang baru blm berjudul Quantum of Solace?Kl blm tontonlah,hehe..tp kl udah, pasti ingat kan sama alat-alat canggih di markasnya Bond dimana para operator mengontrol sesuatu diatas layar proyeksi hanya dengan gestur atau pergerakan jari saja. Ternyata teknologi itu telah dicoba untuk diwujudkan oleh para ilmuwan di dunia nyata.

Sebuah perusahaan bernama Oblong Industries menciptakan sebuah alat yang disebut dengan G-Speak (kayaknya singkatan dari Gestural Speak). Alat inilah nantinya yang akan menggantikan penggunaan mouse dengan sepasang sarung tangan khusus yang berguna untuk mengoperasikan G-Speak secara interaktif.

Kebebasan yang berani dijanjikan ilmuwan dari G-Speak memang beralasan. Teknologi inovatif ini memungkinkan penggunanya untuk membawa tangan mereka lebih dekat dengan obyek karena kedua tangan bisa bergerak ke sana sini untuk memindahkan obyek dari satu layar ke layar lainnya. Dengan cara tersebut interaksi pengguna dengan layar akan terasa lebih nyata. Hal itu bisa terealisasi berkat sebuah elemen khusus yang bisa mendeteksi gerakan pengguna secepat kecepatan cahaya. Ketua Tim Ilmuwan dari Oblong Industries, John Underkoffler, percaya bahwa kehebatan G-Speak mampu menggantikan posisi mouse yang dirasa kaku dan membosankan.

Walaupun masih terhitung baru, G-Speak dikabarkan sudah dipakai di beberapa perusahaan dan universitas. Namun untuk menghilangkan kesan eksklusif dan semua pihak bisa menggunakannya dengan cara yang lebih praktis. Oblong berjanji akan terus mengembangkannya, termasuk yang baru saja mereka lakukan dengan bereksperimen menggunakan G-Speak untuk mengontrol trafik di udara ataupun dalam dunia kesehatan. Pengembangan itu juga bermaksud untuk lebih meringkas kemasan G-Speak yang kini masih memerlukan seruangan besar dengan membutuhkan banyak layar agar bisa mengontrol banyak hal sekaligus.

Oblong merencanakan dalam dua tahun ke depan G-Speak sudah berhasil diperkecil dan akan dijual ke pasaran dengan harga yang tak lebih mahal dari sebuah mouse pada umumnya, yaitu sekitar 20 hingga 40 poundsterling (sekitar Rp 380.000-Rp 760.000).

Tertarik untuk mencoba?

1 komentar: